Minggu, 19 April 2020

Senangnya Praktikum Farmasi


Praktikum Itu Menyenangkan

Halooo teman- teman blogger, saya akan menceritakan pengalaman praktikum teknologi sediaan cair dan semi padat. Selamat membaca (:

Semenjak saya memasuki dunia perkuliahan dan menjadi mahasiswa di salah satu perguruan tinggi swasta Polteka Mangunwijaya jurusan Farmasi, saya jadi sering melalukan berbagai macam praktikum mengenai cara pembuatan obat dan bahan- bahan yang digunakan.

Salahsatunya adalah praktikum teknologi sediaan cair dan semi padat, pada praktikum csp bentuk sediaan cair kami membuat sirup, eliksir, suspense, emulsi dll, dan sediaan semi padat kami membuat cream, emulgel, salep dll.
Suspensi adalah sediaan cair yang mengandung bahan obat padat dalam bentuk halus dan tidak larut, terdiapersi dalam cairan pembawa.


Nah ini merupakan contoh sediaan yang kami buat yaitu suspense ibuprofen. Biasanya pembuatan suspensi karena bahan obat tidak larut atau sukar larut dalam air salah satu contohnya ibuprofen. Kali ini saya membuat suspensi dengan metode disperse yaitu zat aktif masuk ke dalam suspending agent. Setelah membuat sediaan kami juga menguji sediaan, ada beberapa pengujian yang saya lakukan yaitu uji viskositas dengan menggunakan viscometer brokfield, lalu uji organoleptis yang meliputi uji rasa, bau, warna, lalu uji bobot sediaan, PH sediaan dan Uji sedimentasi.

Foto tersebut merupakan proses uji sedimentasi, uji sedimentasi akan diamati selama seminggu, biasannya setiap hari jumlahkan akan semakin bertambah, karena di kampus saya menggunakan bahan aktif ibuprofen dan Al, Mg hidroksida maka yang sedimentasinya lebih banyak adalah Al, Mg hal itu dikarenakan diameter partikel akan mempengaruhi hasil uji sedimentasi, dan diameter al, mg adalah diameter yang paling kecil, bahkan jarang terlihat di mikroskop.


Kami mengerjakan bentuk sediaan cair tersebut secara kelompok dan memerlukan kerjasama tim yang baik agar hasilnya maksimal, jika kami berhasil membuat dengan baik kami akan sangat senang karena hasilnya akan bermacam- macam dan kami telah membuat dengan susah payah, jadi apapun hasilnya kami sangat menghargainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pentingnya Menjaga kesehatan Paru- Paru

  Pentingnya Menjaga kesehatan Paru- Paru haiii teman teman semua kali ini saya akan membuat blog mengenai pentingnya menjaga kes...